Babak Semifinal dan Final SCO 2017

Soedirman Chemistry Olympiad 2017. Pelaksanaan babak Semifinal & Final SCO 2017, 14 Januari 2017 berjalan dengan lancar. Kedatangan peserta dan pendamping sekitar pukul 07.30-08.30 WIB. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC di Aula FMIPA UNSOED di lanjutkan dengan pengerjaan soal babak semifinal di ruang 2.1 yang diikuti oleh 20 peserta. Pengerjaan soal dilakukan selama satu jam. Setelah pengerjaan soal selesai, peserta kembali ke aula untuk refreshing yaitu mengikuti acara Tour Lab ke  laboratorium kimia yang berada di FMIPA yaitu laboratorium Kimia Anorganik, Kimia Fisik, Kimia Analitik, Kimia Organik dan Biokimia. Sistem acara Tour lab dibagi menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok terdapat 4 peserta dengan estimasi waktu 9 menit. Setiap laboratorium terdapat asisten lab yang akan menjelaskan dan memperagakan alat istimewa yang berasa di laboratorium tersebut.

Pengumuman babak semifinal menuju final dilaksanakan setelah ishoma. Detik-detik menegangkan pengumuman ke babak selanjutnya, akhirnya didapat 10 peserta yang lolos ke babak final. Sistem babak final itu sendiri yaitu presentasi mengenai kimia terapan. Setiap peserta diberi waktu 10 menit untuk mengerjakan satu soal kimia terapan yang kemudian dipresentasikan di depan para juri. Semua peserta berhasil meyampaikan presentasinya dengan baik.

Pengumuan babak final sedikit mundur dari waktu yang ditentukan karena terkendala listrik padam. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama sehingga pengumuman dapat berjalan cukup lancar dan didapat hasil yaitu juara 1 dimenangkan oleh Gala Ramadhan Ilham W.P dari SMA N 1 Cilacap. Juara 1 SCO 2017 mendapat trophy , merchandise , piagam penghargaan dan dana pembinaan sebesar RP.1.500.000,-. Juara 2 dimenangkan oleh Miftahur Farihin dari MA AL-HIKMAH 02 Terpadu. Juara 2 mendapat trophy , merchandise , piagam penghargaan dan dana pembinaan sebesar RP.1.000.000,-. Selanjutnya, juara 3 diraih oleh Muhammad Aditya Rivaldi dari SMA N Banyumas dan mendapat trophy , merchandise , piagam penghargaan serta dana pembinaan sebesar RP.750.000.000,-. Ketiga pemenang tersebut mendapat rekomendari dari Fakultas MIPA apabila mereka mendaftar di Jurusan Kimia Fakultas MIPA UNSOED pada tahun mendatang.

Acara Soedriman Chemistry Olympiad 2017 ditutup oleh Ketua Jurusan Kimia Drs. Suwandri. Selanjutnya sesi foto bersama dengan para pemenang, ketua pelaksana Soedirman Chemistry Olympiad 2017 , ketua umum HIMAKIM UNSOED dan para juri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s